Yoga untuk ibu hamil adalah senam yang dirancang khusus untuk ibu hamil yang tidak hanya membantu ibu hamil meningkatkan kesehatannya , tetapi juga membawa banyak manfaat bagi “ bayi ” di perutnya. Mari belajar bersama Hello Bacsi untuk mempelajari 14 latihan yoga untuk membantu ibu hamil menjadi kenyal dan sehat, janin berkembang dengan baik!

Anda baru saja menerima kabar baik bahwa malaikat kecil yang baru memiliki citra dalam diri Anda. Tidak ada yang lebih bahagia menjadi seorang ibu daripada menjadi seorang ibu, tapi hamil juga membuatmu sangat lelah. Dan dalam tiga bulan pertama kehamilan, terkadang Anda akan merasa lelah, kepala pusing, takut makanan yang biasa Anda nikmati. Inilah tanda-tanda Anda mengalami morning sickness.

Tahukah Anda bahwa gejala morning sickness bisa diperbaiki dengan latihan yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil? Selain itu, manfaat yoga yang dibawa selama kehamilan akan mengejutkan Anda. Secara khusus, yoga dapat membantu ibu hamil mengatasi depresi . Bukankah ini kesempatan bagus untuk mengenal yoga?

Yoga untuk ibu hamil dalam 3 bulan pertama (prenatal yoga)

Yoga prenatal adalah jenis yoga yang dirancang khusus untuk wanita hamil . Jenis yoga ini dapat membantu ibu hamil untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum melahirkan.

Yoga membantu fokus dalam melatih postur pernapasan, pinggul, dan memulihkan energi saat ibu hamil merasa lelah akibat perubahan hormon selama kehamilan. Bagi ibu hamil, senam yoga secara teratur tidak hanya membuat ibu tetap sehat dan aktif, tetapi juga membawa manfaat yang besar bagi janin.

1. Kapan waktu terbaik untuk memulai yoga prenatal?

Faktanya, jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan yang tidak biasa , Anda dapat mulai berlatih yoga segera setelah Anda hamil. Namun, akan lebih baik dan lebih aman bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mulai berpraktik.

Kebanyakan dokter mengizinkan wanita hamil untuk mulai berolahraga sejak trimester kedua kehamilan. Ini karena biasanya setelah minggu ke-12 kehamilan, morning sickness akan hilang dan Anda sekarang bisa melanjutkan hidup dengan nyaman.

2. Di mana tempat terbaik untuk berlatih yoga?

Anda bisa melakukan yoga di gym atau melakukannya sendiri di rumah. Namun, jika baru pertama kali membiasakan diri dengan yoga, lebih baik Anda ikut kelas yoga ibu hamil di gym.

Di studio yoga, Anda dapat mempraktikkan pose yang paling sesuai dengan kesehatan kehamilan Anda. Selain itu, meskipun sedang berlatih yoga, Anda tetap berisiko mengalami kesulitan dengan beberapa latihan yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Datang ke gym juga membantu Anda merasa lebih aman tentang posisi aman untuk bayi Anda di perut.

Di gym, Anda berkesempatan untuk bertemu dengan para ibu hamil, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi pengalaman latihan dan bertukar masalah terkait kehamilan. Setelah berlatih secara menyeluruh, Anda bisa tetap berlatih yoga untuk ibu hamil di rumah.

3. Intensitas apa sebaiknya berlatih yoga untuk wanita hamil?

Anda bisa berlatih 1-2 kali seminggu di ruang yoga selama 60 – 75 menit / sesi. Jika Anda berlatih di rumah, Anda bisa berlatih selama 30 menit sehari. Anda bisa memulainya dengan mempraktikkan teknik pernapasan selama 15 menit dan mempraktikkan postur yang berfokus pada pinggul, lengan, dan posisi peregangan selama 15 menit setelahnya. Anda bisa menggabungkan yoga dengan olahraga lain seperti berenang atau jalan kaki.

Secara khusus, saat berlatih yoga di setiap trimester, Anda juga perlu memperhatikan gerakan apa yang harus dilakukan di setiap tahap kehamilan dan berlatih dengan benar agar tidak berdampak buruk pada janin.

Manfaat berlatih yoga selama kehamilan

Menciptakan keseimbangan hormonal, memperkuat tubuh dan membantu sirkulasi darah lebih baik.

Tingkatkan jumlah oksigen yang beredar melalui plasenta berkat latihan pernapasan dalam secara teratur.

Membantu Anda tidur nyenyak, tidur lebih nyenyak.

Berlatih yoga selama kehamilan mencegah Anda menambah berat badan terlalu banyak, membantu Anda cepat bugar setelah melahirkan . Pada saat yang sama, seorang bayi lahir dengan berat badan standar yang sehat.

Anda akan lebih kenyal, ligamen dan otot menjadi lebih elastis, membantu mengurangi  kram saat hamil, nyeri saat hamil di akhir kehamilan.

Mengurangi risiko kelahiran prematur, tekanan darah tinggi dan menjaga kecukupan cairan ketuban.

Mempraktikkan latihan pernapasan yoga memudahkan Anda menarik napas selama persalinan. Berikut adalah pose yoga yang dikutip dari SehatQ :

1. Pose Gunung (Tadasana)

Langkah-langkah implementasi

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul, dengan kaki sejajar satu sama lain. Berdasarkan keadaan perut Anda saat ini selama kehamilan, posisi ini akan membantu Anda lebih mudah berdiri.

Jaga lengan Anda di kedua sisi tubuh Anda.

Tutup mata Anda dan perlahan rilekskan otot wajah dan bahu Anda.

2. Yoga untuk ibu hamil: Postur duduk (Uttakatasana)

Langkah-langkah implementasi

Berdri tegak, lalu tekuk lutut seolah-olah Anda sedang duduk di kursi. Ingat, jangan menekan perut Anda, dan Anda harus menjaga panggul Anda.

Postur kursi (Uttakatasana)

Angkat dan rentangkan lengan Anda di sepanjang batang tubuh dan jaga agar tangan Anda tetap fleksibel.

3. Pose Pohon (Vrksasana)

Langkah-langkah implementasi

Persiapkan dalam pose Tadasana, lalu letakkan telapak tangan di pinggang, tekuk lutut kanan dan letakkan kaki kanan di paha kiri. Jika ini terlalu sulit, letakkan kaki Anda di betis, fokuslah pada satu titik dan jaga keseimbangan.

Yoga untuk wanita hamil – Pose pohon

Setelah Anda memiliki keseimbangan, rentangkan lengan Anda, tarik ke atas, dan genggam tangan Anda di atas kepala Anda.

Agar bayi anda tetap sehat walaupun anda yoga, tanya dokter di SehatQ anda bisa berkonsultasi dengan dokter langsung.